Keripik Maichi, Bermula dari Usaha Makanan Modal Kecil

Ini kisah Keripik Maicih, sebuah usaha makanan modal kecil yang di bangun Reza Nurhilman


Usaha makanan modal kecil- Siapa yang tidak tahu cemilan keripik singkong yang ternama, Maichi. Reza Nurhilman selaku founder keripik  “setan” tersebut mengungkapkan bahwa awal keripiknya tercipta saat ia mencicipi keripik singkong seorang nenek yang ia temui di desa Cimahi. Awalnya ia belum tergugah untuk memulai usaha tesebut, pada bulan 2009 setelah mengikuti beberapa pelatihan motivasi sumber daya manusia barulah Ia merasa terpanggil untuk membuka usaha. Inilah yang membuatnya kembali mengunjungi sang nenek dan menanyakan resep dan cara pembuatannya. 

usaha makanan modal kecil
 Reza Nurhilman founder kripik Maicih
Untuk penamannya sendiri mengapa Maicih? Apa ini nama si nenek pembuat kripik? Bukan, ia mengatakan bahwa penamaan kripiknya sendiri tidak berdasarkan nama nenek yang ia temui. Namun plesetan dari tampilan sang nenek yang identik dengan ke-icihannya dan selalu memakai ciput, maka dipelesetkanlah menjadi Ma-icih. Reza memulai usaha kripik singkong pedas itu dengan modal 15 juta. Siapa sangka usaha makanan modal kecil tersebut menjadi seperti sekarang ini yang sudah dipasarkan ke banyak supermarket dan agen-agennya di berbagai kota. 

Saat pertama memproduksi kripik tersebut lelaki asal Bandung ini mengakui bahwa ia memproduksinya haya 50 bungkus perhari. Pada awal produksi tidak disangka ternyata penjualannya di luar dugaan. Apa yang membuat kripik singkong pedas ini sangat diminati? Selain rasa, keripik pedas ini memiliki keunikan lain salah satunya memiliki varian level kepedasan. Pada awal produksi ia hanya membuat kripik dengan level 1-5 dan setelah penjualannya meningkat reza menambahkan tingkat kepedasan menjadi 10. 

Selain inovasi rasa yang ia ciptakan, strategi marketing pemasaran juga membuat usaha camilan yang ia miliki semakin meningkat penjualannya. Reza sadar bentul dengan pentingnya peran media sosial sebagai media promosi. Awal mula memulai usaha ia menggunakan Twitter dan Facebook sebagai media untuk promosinya. Nyatanya cara itu berhasil menarik banyak konsumen. Malah kini, biarpun omzet yang didapatkan sudah mencapai lebih dari 800-300 juta perbulan, tidak malah membuatnya mendirikan cabang atau toko di banyak tempat, justru reza lebih memilih cara tetap menjual produknya lewat online dan dengan menyebarkan produk-produknya ke agen atau para “Jendral” yang sudah ia percaya. 

Ide out of the box yang membuat usaha keripik Maicih ini kian berkembang. Nah, Anda pun bisa memulai usaha makanan modal kecil sendiri belajar dari strategi usaha yang dilakukan Reza. Semoga kisah inspiratif ini bisa menggugah Anda untuk memulai usaha dan semangat mengembangkan usaha yang sedang Anda jalani.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Keripik Maichi, Bermula dari Usaha Makanan Modal Kecil "