Ini kisah Keripik Maicih, sebuah usaha makanan modal kecil yang di bangun Reza Nurhilman
Usaha makanan
modal kecil- Siapa yang tidak tahu cemilan keripik singkong yang ternama,
Maichi. Reza Nurhilman selaku founder keripik “setan” tersebut mengungkapkan bahwa awal keripiknya
tercipta saat ia mencicipi keripik singkong seorang nenek yang ia temui di desa
Cimahi. Awalnya ia belum tergugah untuk memulai usaha tesebut, pada bulan 2009
setelah mengikuti beberapa pelatihan motivasi sumber daya manusia barulah Ia merasa
terpanggil untuk membuka usaha. Inilah yang membuatnya kembali mengunjungi sang
nenek dan menanyakan resep dan cara pembuatannya.
![]() |
| Reza Nurhilman founder kripik Maicih |
Untuk
penamannya sendiri mengapa Maicih? Apa ini nama si nenek pembuat kripik? Bukan,
ia mengatakan bahwa penamaan kripiknya sendiri tidak berdasarkan nama nenek
yang ia temui. Namun plesetan dari tampilan sang nenek yang identik dengan
ke-icihannya dan selalu memakai ciput, maka dipelesetkanlah menjadi Ma-icih.
Reza memulai usaha kripik singkong pedas itu dengan modal 15 juta. Siapa sangka
usaha makanan modal kecil tersebut menjadi seperti sekarang ini yang sudah
dipasarkan ke banyak supermarket dan agen-agennya di berbagai kota.
Saat pertama
memproduksi kripik tersebut lelaki asal Bandung ini mengakui bahwa ia
memproduksinya haya 50 bungkus perhari. Pada awal produksi tidak disangka
ternyata penjualannya di luar dugaan. Apa yang membuat kripik singkong pedas
ini sangat diminati? Selain rasa, keripik pedas ini memiliki keunikan lain salah
satunya memiliki varian level kepedasan. Pada awal produksi ia hanya membuat
kripik dengan level 1-5 dan setelah penjualannya meningkat reza menambahkan
tingkat kepedasan menjadi 10.
Selain
inovasi rasa yang ia ciptakan, strategi marketing pemasaran juga membuat usaha
camilan yang ia miliki semakin meningkat penjualannya. Reza sadar bentul dengan
pentingnya peran media sosial sebagai media promosi. Awal mula memulai usaha ia
menggunakan Twitter dan Facebook sebagai media untuk promosinya. Nyatanya cara
itu berhasil menarik banyak konsumen. Malah kini, biarpun omzet yang didapatkan
sudah mencapai lebih dari 800-300 juta perbulan, tidak malah membuatnya
mendirikan cabang atau toko di banyak tempat, justru reza lebih memilih cara tetap
menjual produknya lewat online dan dengan menyebarkan produk-produknya ke agen
atau para “Jendral” yang sudah ia percaya.
Ide out of
the box yang membuat usaha keripik Maicih ini kian berkembang. Nah, Anda pun
bisa memulai usaha makanan modal kecil sendiri belajar dari strategi usaha yang
dilakukan Reza. Semoga kisah inspiratif ini bisa menggugah Anda untuk memulai
usaha dan semangat mengembangkan usaha yang sedang Anda jalani.

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus